Kamis, 19 November 2009

BAGAIMANA BENTUK PENGENALAN PASAR MONOPOLI

BAGAIMANA BENTUK PENGENALAN

PASAR MONOPOLI

Sebelum saya memberitahukan penjelasan lebih lanjut tentang Pasar Monopoli, saya ingin meberitahukan bahwa tulisan ini saya analisis dari buku Mikro Ekonomi Teori Pengantar edisi ketiga.

Buku ini di ciptakan oleh Sadono Sukirno,SE,MS,Sc. Dan di terbitkan oleh PT.Raja Grafindo Persada.

Pengertian Pasar Monopoli

Sruktur pasar yang sangat bertentangan ciri-cirinya dengan persaingan sempurna adalah Pasar Monopoli. Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan saja. Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak menpunyai barang pengganti yang sangat dekat. Biasanya keuntungan yang diperoleh dari perusahaan monopoli adalah keuntungan melebihi normal dan ini diperoleh karena terdapat hambatan yang sangat tangguh yang dihadapi perusahaan-perusahaan lain untuk memasuki industi tersebut.

Ciri-ciri pasar monopoli sangatlah berbeda dengan pasar persaingan sempurna. Karena pasar monopoli yaitu hanya ada satu perusahaan saja didalam industri tersebut. Dan ada pula cirri-ciri lain yang membedakan antara pasar monopoli dengan persaingan sempurna, yaitu :

· Tidak Mempunyai Barang Pengganti Yang Mirip.

Barang yang dihasilkan perusahaan tidak monopoli tidak dapat digantikan oleh barang lain yang ada didalam pasar. Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yangseperti itudan tidak terdapat barang mirip (close substitute) yang dapat menggantikan barang tersebut. Aliran listrik adalah contoh dari barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang mirip (misalnya : PLN). Yang ada hanya barang pengganti yang sifatnya berbeda sekali, yaitu lampu minyak. Lampuh minyak tidak dapat menggantikan listik karena, ia tidak dapat digunakan untuk menghidupkan televise atau memanaskan strika/gosokan.

· Tidak Terdapat Kemungkinan Untuk Masuk Ke Dalam Industri

Sifat ini sebab utama yang menimbulkan perusahaan yang mempunyai kekuasaan monopoli. Tanpa sifat ini pasar monopoli tidak akan wujud, karena tanpa adanya halangan tersebut pada akhirnya akan terdapat beberapa perusahaan didalam industri. Keuntungan perusahaan monopoli tidak akan menyebabkan perusahaan-perusahaan lain memasuki industri tersebut. Adanya hambatan kemasukan yang sangat tangguh menghindarkan berlakunya keadaan yang seperti itu. Ada beberapa bentuk hambatan kemasukan ke dalam pasar monopoli. Ada yang bersifat legal, yaitu di batasi oleh undang-undang. Ada yang bersifat teknologi, yaitu teknologi yang digunakan sangat cangih dan tidak mudah dicontoh. Dan ada pula yang bersifat keuangan, yaitu modal yang diperlukan sangat besar.

· Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga

Oleh karena itu perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual didalam pasar yang luas, maka penentuan harga dapat dikuasainya. Oleh sebab itu perusahaan monopoli dipandang sebagai Penentu Harga atau price setter serta sebagai penguasa pasar. Dengan mengadakan pengendalian ke atas produksi dan jumlah barang yang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan harga pada tingkat yang dikehendakinya.

· Promosi Iklan Kurang Diperlukan

Oleh karena itu perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan didalam industri, ia tidak perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan. Pembeli yang memerlukan barang yang diproduksikannya terpaksa membeli daripadanya. Walaupun bagaimanapun perusahaan monopoli sering membuat iklan. Iklan tersebut bukanlah bertujuan untuk menarik pembeli, tetapi untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.

FAKTOR-FAKTOR YANG MENIMBULKAN MONOPOLI

Terdapat tiga factor yang dapat menyebabkan wujudnya pasar (perusahaan) monopoli. Ketiga factor tersebut adalah :

  1. perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain, tetapi sangat dibutukan oleh masyarat.
  2. perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi (economies of scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi, serta mendapatkan keuntungan yang melebihi normal.
  3. monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang, yaitu pemerintah memberikan suatu hak monopoli kepada perusahaan yang melakukannya tersebut.

KESIMPULAN DARI PASAR MONOPOLI YAITU :

  • Pasar monopoli adalah pasar barang dimana hanya terdapat satu produsen dalam pemasaran. Cirri penting dari perusahaan monopoli adalah : barang yang diproduksinya tidak mempunyai pengganti, hambatan untuk memasuki pasar sangat besar dan mempunyai kekuasaan yang besar untuk mempengaruhi harga.
  • Terwujudnya monopoli terutama disebabkan oleh salah satu atau gabungan tiga factor.
  • Kebaikan perusahaan monopoli adalah :
    1. apabila menikmati skala ekonomi, biaya produksi lebuh murah daripada difirma pasar persaingan sempurna, dan tingkat produksi lebih besar.
    2. mutu barang semakin meningkat dan harganya semakin murah apabila perusahaan terus-menerus melakukan pengembangan dan inovasi.
    3. kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan apabila monopoli dapat terus menghasilkan barng yang murah dan lebih bermutu.

Tidak ada komentar: